Kamis, 24 Juni 2010

CARA MENDIDIK ISTRI YANG BAIK

Bagaimana Mendidik Istri agar menjadi Istri Idaman?

1. Jangan Tidak Punya Visi Misi

Setiap kaum wanita merindukan suami yang mempunyai visi hidup yang jelas. Yups dan hal ini pasti, apalagi nantinya suami-lah yang akan menjadi kepala rumah tangga. So gak logis juga kalo suami gak punya visi hidup yang jelas. Istri akan mantap dan termotivasi untuk menjadi lebih maju dan cerdas bila suaminya memiliki visi misi……….Setuju!

2. Jangan Kasar

Kasar Bukan hanya secara fisik loh, tapi bisa juga dari perkataan, ataupun nada bicara, ataupun perbuatan. Dan rasanya tidak seorangpun, baik lelaki ataupun wanita, yang menyukai seseorang yang bersifat kasar ini. Kalo suami kasar, istri akan sakit hati, mungkin dengan rasa sakit ini dia akan terdidik menjadi seorang istri yang penyabar karena memang “terpaksa untuk sabar”, tapi sebagai bonus dengan sikap kasar ini istri juga akan terdidik untuk menjadi “Cuek dan Masa Bodoh terhadap Suami”

3. Jangan Sok Pinter

Memang sebaiknya laki2 harus lebih pintar dari istrinya, pintar yang gw maksud adalah pintar dalam menyikapi masalah. Namun, dalam menyikapi suatu masalah bukan berarti menganggap bodoh istrinya, justru ketika menemui istrinya melakukan sesuatu yang menurutnya salah, seharusnya seorang suami memberi saran atau masukan ataupun mengajak istri berdiskusi dengan cara yang bijak atau mungkin sambil diselingi gurauan, bukan malah mengolok-olok ataupun menertawai dengan sinis istrinya itu. Kalo seorang istri kebanyakan diolok2 suami, lama2 hilang percaya dirinya, Emang Enak punya Istri yang Minderan?????

4. Jangan Tak Acuh terhadap kekurangan Istri

Jangan sampai jadi suami yang model beginian, istri jadi serba salah dan bingung memenuhi kemauan suami. Bukannya membantu memperbaiki kekurangan istri, Anda malah menjauhinya sehingga Istri menjadi bingung tanpa tau sebab Anda menjauh darinya. Jika Anda punya suatu keinginan katakanlah kepada Istri Anda, asalkan keinginan itu wajar dan tidak menyakiti hati Istri. Bila ada hal dari istri Anda yang tidak mengenakkan, maka Anda harus proaktif. Misalkan bila Anda ingin agar Istri Anda tidak memakai parfum channel 5-nya, karena parfum ini mengingatkan Anda kepada salah satu bos wanita anda yang paling cerewet, pada hari jadi pernikahan Anda dapat membelikannya parfum Kenzo’d'kenzo saja atau yang Anda sukai.

Contoh lain: bila Anda merasa sop buatan istri Anda rasanya seperti air kobokan, mungkin hadiah kejutan di hari ulang tahun istri adalah Paket Kursus Masak bersama Ibu Sisca Soewito bisa menyelamatkan selera makan Anda.

Ataupun tanpa harus memberikan hadiah, Keinginan Anda bisa terwujud. Saya yakin bila penyampaian keinginan tersebut dengan gaya bicara yang santai dan humoris justru akan menambah keakraban di rumah Anda dan plus Keinginan Anda tersampaikan!

5. Jangan Sok Mencurigakan

Tidak ada yang lebih menyakitkan hati daripada memiliki suami yang mencurigakan apalagi “sok mencurigakan”. Anehnya, justru Suami yang seperti ini senang menjudge istrinya“cerewet/cemburuan/posesif”. Sebenarnya suami harus maklum, penasaran ataupun cemburu adalah sifat wanita dari jaman kuda gigit rumput. Kebanyakan suami beralasan, ”Wah kalo Istri nanya yang sepele2 gitu gk usah dijawab, perempuan kapan puasnya? Mungkin bagi Suami itu cuma hal sepele yang tidak perlu dijawab, tetapi pahamilah bahasa wanita. Tentang rasa puas saya berani menjawab karena Saya ini perempuan, dan saya berani jamin, bahwa Kami Kaum Perempuan Punya Batas Puas!!! (malah mungkin yang gk pernah kenal konsep puas itu ya kaum Adam loh!, he he he)

Contoh soal: Kalo istri sering tanya2 hal2 sepele, ya jawab saja yang jujur, gk usah pake njawab ” Ngapain tanya-tanya”, “bukan urusan kamu”,”gak penting!”,atau “Apaaaannnn sieeehhh???”, tinggal jawab aja sejujurnya apa susahnya, Toh Anda memang tidak melakukan perbuatan yang buruk kan? Mengapa takut untuk mengakuinya. Lama kelamaan rasa percaya akan tertanam di benak istri, dan yakin deh ama aku, selanjutnya mereka bosen sendiri dan gk bakal tanya2 lagi, dan bonusnya “positif thinking akan terprogram di otaknya”..

6. Jangan Tidak Realistis

Sering lho aku denger, di pertemuan keluarga ataupun reunian, ” Wah kok kurus nieh Bro?, “Iya sie abis istri gk ngurus”, jelas2 istrinya ada disitu sambil mesem2 campur kesel. Sebaiknya Suami lihat dulu diri sendiri, apa yang sudah diberikan. Kebanyakan kaum perempuan rela kok ngurusin suaminya sampai ke urusan tetek bengek pun, cuma mungkin yang menyulitkan kondisinya..misalnya masih tinggal di rumah mertua, jadinya kalo mau masak2 jdi repot, atau bebenah juga repot, karena status masih rumah mertua, takut salah, belum hapal letak benda2, dan jangan salah lho, tinggal di rumah mertua bagi Istri memerlukan Adaptasi yang gk mudah, maklum jika mungkin Istri merasa bingung “Mulai darimana Ya ngurusin Suami”, apalagi kalo dirumah tersebut sudah ada pembantu yang jelas2 dari dulu ngurusin Anda sejak masih bujangan. Hal lain yang membuat Istri tidak atau kurang besemangat ngurusin Suami adalah uang belanja pas2an, karena jadi susah juga berkreasi mengurus suami kalau duit pas2an.

7. Jangan Pemalas, Super Jorok, dan Selebor

Malas, Super Jorok, dan Selebor sering kali menambah permasalahan rumah tangga. Seringkali sebuah rumah tangga diwarnai kericuhan karena malas,jorok, dan selebornya seorang suami. Bisa jadi dengan sifat Anda ini, Istri yang tadinya yang rajin, pembersih, dan pintar dandan bisa ikut2an males, super jorok, dan selebor, nah kalo 22-nya males,jorok,dan selebor, siapa yang mau tanggung jawab kalo sampe diusir tetangga?

8. Jangan Pendiam dan Tidak Komunikatif

Tahukan Anda, Istri merasa kesepian ketika sang suami pergi atau di luar rumah. Oleh karena itu, rajinlah mengirim sms atau menelponnya. Misalnya pada jam makan siang. Ketahuilah bahwa banyak masalah kecil menjadi besar hanya karena miskomunikasi. Karena itu sering berkomukasi adalah sangat menentukan dalam kebahagiaan rumah tangga. Dan ingat pula, Anda menikahi Wanita, bukan robot, senantiasa berkomunikasi membuat Istri Anda merasa dia adalah makhluk yang pantas diajak berbicara, dan keberadaannya berharga buat Anda. Kebanyakan para pria bisa tertawa terbahak2 jika bersama sahabat, tetapi cemberut dan pendiam di depan istri, karena menganggap istrinya “Tidak asyik ataupun Gk nyambung diajak Ngobrol”. Misalkan Anda hobi sepakbola dan Istri Anda tidak tahu apapun tentang bola, tidak ada salahnya Anda mengajak mengobrol tentang bola, anggap saja istri Anda adalah awam, dan Anda adalah Pakarnya, anggap saja kelucuan pasti terjadi saat obrolan antara awam dan pakar berlangsung, apalagi kalau istri Anda berjiwa humoris, bisa jadi lebih seru ketimbang Obrolan Sepakbola bersama teman2 Anda….

9. Berkaca pada diri sendiri

Bila Anda setampan, sekaya, semacho Brad Pitt, mungkin gk kelewatan kalau memipikan Istri secantik, sesukses, dan seseksi Angelina Jolie. Atau jika Anda secerdas dan sebaik hati Obama, mungkin gk aneh kalo mendambakan Istri Smart dan Cool Calm & Confident seperti Michelle Obama. Saya orang yang sangat percaya akan hukum sebab akibat. Oleh sebab itu, sebelum merubah diri orang lain, terlebih dahulu kita harus memperbaiki diri kita.

Semua wanita di dunia ini pasti menginginkan suami yang sukes, apa itu?Suami yang sukses adalah suami yang bisa menjadi panutan dan contoh yang baik bagi Istri dan Anak-anaknya.

Akhir kata Sadarilah Bahwa “Tidak semua keinginan kita harus dikabulkan Oleh Tuhan”. Merasa cukuplah dengan pasangan yang kita nikahi saat ini sebagai wujud bersyukur kepada Tuhan akan anugerah pernikahan yang diberi-Nya kepada kita, sebab…tidak semua orang di dunia ini diberikan kesempatan untuk menikah, bukan? Oleh karena-Nya, sayangilah pasangan kita dan merasa cukuplah dengan segala kelebihan dan kekurangannya

15 komentar:

  1. mba udah termasuk kriteria istri yg baik lom.??????????????????????????

    BalasHapus
  2. makasih atas tipsnya.. sukses terus blognya y atau http://azispalembangku.blogspot.commakasih atas tipsnya.. sukses terus blognya y atau http://azispalembangku.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Saya rasa tulisan ini kurang obyectif, sepertinyanya yang posting tulisan ini adalah perempuan.

    BalasHapus
  4. tulisan ini cuma menyudutkan suami saja...

    BalasHapus
  5. hahaha, lucu jg tulisannya
    mirip curahan hati istri ke suami.
    jd ketauan deh kondisi rmh tangganya
    hati2 lho mba... itu aib yg harusnya qta tutupi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak apa2 saya hargai semuanya, saya berterimakasih kepada ( Hanifah ) Saya jadi lebih tau perasaan seorang (istri)

      Hapus
  6. bagaimana jika istri tidak bisa dididik, ada toh orang yg tidak bisa dididik? kita ngomong satu sudah dijawab dua. diajak diskusi jawabnya selalu "ah... pusing, sambil ngeloyor pergi. temperamental, bisa ngemong kalo anak ga rewel, begitu anak nangis langsung dimarahi, anak salah sedikit dimarahi. tidak tau agama, sebab keluarganya malah dekat dengan musyrik. Adakah cara merubah orang seperti ini????? Intinya bodoh luar biasa, tapi sama sekali tidak bisa diberitahu.

    BalasHapus
  7. bagaimana cara mendidik istri jadi sopan dan santun dalam berbicara dan bersikap? sepertinya susah, karena ini harusnya dilakukan ketika dia masih kecil. saya sangat kesulitan membuatnya menjadi sopan santun.padahal saya selalu berbicara dengan nada halus kepadanya.

    BalasHapus
  8. kami ada bukunya, silahkan kunjungi www.tokoafandi.com

    BalasHapus
  9. Klo yang punya tulisan cewek yah pro nya ke cewek....selalu minta di ngertiin,..coba klo yg nulis cwok psti analisa nya lain lagi...basi ...

    BalasHapus
  10. Wahh terima kasih bgt, mmbantu buat saya yg sebentar lagi akan menikah :)

    BalasHapus
  11. Klo istri yg pemalas dan jrok gmana ? Udah dibilang baik2 masih aja ga berubah dab laki2 klo pulang ke rumah ngeliat berantakan dan jorok pusing kepala, apalagi smpai bau didalam rumah, ngepel malas dlm 1 tahun ga smoai spuluh kali, pkoknya super jrok dan malas

    BalasHapus